Monday, 4 August 2014

Rekor Tumbuhan


Tumbuhan Terbesar
Pohon terbesar secara volume dipegang oleh Sequoiadendron giganteum. Yang terbesar saat ini, dikenal dengan sebutan General Sherman memiliki estimasi volume 1487 m3. Tinggi pohon ini mencapai 83.8 meter, dengan diameter terbesar 7,7 meter.
Secara tinggi, General Sherman bukanlah yang nomor satu. Rekor tertinggi dipegang oleh Sequoia sempervirens alias coast redwood (115,55 meter). Di urutan berikutnya berturut-turut Psedotsuga menziesii (100,3 meter), Picea sitchensis (96,7 meter), dan Eucalyptus regnans (97 meter).
Sementara lingkar atau diameter terlebar untuk pohon batang tunggal dipegang oleh Adansonia digitata atau Baobab, dengan diameter 8,98 meter. Diameter ini berubah sepanjang tahun karena batang pohon digunakan sebagai tangki penyimpanan air. Pada saat musim hujan, pohon Baobab akan menyimpan air hingga bisa mencapai 25000 galon, sebagai cadangan untuk menghadapi musim kering.
Rekor diameter terlebar secara total dipegang oleh Taxodium mucronatum alias Montezuma cypress, yang diketahui mencapai 11,42 meter.
Kanopi terluas tercatat dimiliki oleh Ficus benghalensis atau pohon Banyan yang tumbuh di Kebun Botani India Acharya Jagadish Chandra Bose, Howrah, India. Rerimbunan daun pohon ini dapat menaungi area hingga seluas 1,5 hektar.
Satu individu jamur Armillaria ostoyae di Blue Mountain, timur Oregon diketahui dapat menutup tanah hutan seluas 10 km2.
Tumbuhan Berbunga Terkecil
Banyak tumbuhan yang berukuran mikroskopis, seperti jamur, alga, dan bakteri. Untuk tumbuhan bermartabat tinggi, yaitu tumbuhan berbunga, rekor ukuran terkecil dipegang Wolffia globosa. Ukuran tingginya hanya 0,6 mm, lebar 0,3 mm, dan bobot 0,15 mg. Ukuran yang cukup untuk lolos dari lubang jarum.
Daun Terbesar
Sejenis palem, yaitu Raphia regalis, diakui memiliki daun terbesar di dunia. Daunnya mencapai panjang 25,11 meter dan lebar 3 meter. Namun, daun ini bukanlah satu daun yang utuh, melainkan terdiri dari sekitar 180 anak daun yang tersusun pada setiap sisi tulang daun utama. Anak daun ini dapat mencapai lebar 6,5 cm.
Untuk daun yang utuh, rekor ukuran terbesar dipegang oleh Victoria amazonica. Daun teratai yang dinamai dengan nama salah satu ratu Inggris ini dapat memiliki diameter 2,4 meter. Karena bentuknya yang seperti lingkaran, maka dengan diameter itu dapat dihitung luas daun sekitar 4,6 m2.
Bunga Terbesar
Rekor ukuran bunga terbesar dipegang oleh Rafflesia arnoldii, yang memiliki diameter mencapai 0,9 meter dan bobot 11 kg. Sedangkan bunga tertinggi adalah sesama bunga berbau busuk, Amorphophallus titanium. Tinggi bunga ini dapat mencapai 3,5 meter.
Buah Terbesar
Buah terbesar dipegang oleh labu yang dipamerkan dalam kontes timbang labu tahunan di Northern California, pada 13 Oktober 2014. Labu milik John Hawkley memiliki bobot 933.5 kg. Ini adalah rekor buah terbesar saat ini. Untunglah buah sebesar ini tidak bergelantungan di atas pohon. Pemegang rekor buah terbesar yang ada di pohon adalah nangka, Artocarpus heterophyllus, dengan ukuran panjang mencapai 0,9 meter dan bobot hanya 34 kg.
Sementara,buah polong terpanjang diproduksi oleh Entada gigas. Buah polong tumbuhan ini dapat mencapai panjang 1,5 meter.
Biji Terbesar
Lodoicea maldivica memiliki biji dengan ukuran panjang 30 cm, panjang lingkar 0,9 meter, dan bobot 18 kg. Ini adalah rekor biji terbesar di dunia. Biji ini mirip dengan kelapa, tertutup oleh tempurung tebal berkayu.
Sementara keping biji terbesar ditunjukkan oleh Mora oleifera. Dimensi kotiledon M. oleifera mencapai panjang 18 cm dan lebar 8 cm.
Akar Terbesar
Mungkin ini yang paling susah untuk ditentukan karena merupakan bagian tumbuhan yang terkubur dalam tanah. Untuk bagian akar yang menjalar di permukaan tanah, Ficus macrophylla di Glendora, California, memiliki akar yang menutup permukaan seluas 40 m2. Sedangkan Boscia albitrunca di Kalahari dilaporkan memiliki kedalaman akar mencapai 68 meter.
Referensi
Monumental Trees. General Sherman, the Biggest Tree in the World. http://www.monumentaltrees.com/en/trees/giantsequoia/biggest_tree_in_the_world Diakses: 3 Agustus 2014
Armstrong WP (26 Januari 2014) Botanical Record-Breakers. http://waynesword.palomar.edu/ww0601.htm Diakses: 3 Agustus 2014
ABCNews (14 Oktober 2014) Record-Breaking Pumpkin Tops a Ton. http://abcnews.go.com/Health/wireStory/plumpest-pumpkin-2058-pound-gourd-sets-record-26167706 Diakses: 16 Oktober 2014
Canadel J, Jackson RB, Ehleringer JB, Mooney HA, Sala OE, Schulze ED (1996) Maximum rooting depth of vegetation types at the global scale. Oecologia 108(4):583-595
Wikipedia