Monday 19 October 2020

Produk Benzocaine Tidak Digunakan Untuk Anak di Bawah Usia 2 Tahun

Pada pertengahan Oktober 2020, Health Kanada memperingatkan orang tua dan tenaga medis untuk tidak memberikan produk mengandung benzocaine pada anak di bawah usia dua tahun. Produk ini dapat menyebabkan masalah darah serius berupa methemoglobineia (MetHb), sehingga kemampuan darah merah untuk menghantarkan oksigen ke seluruh tubuh menjadi menurun.

Produk benzocaine biasa digunakan pada anak dan orang dewasa untuk meredakan rasa sakit, seperti sakit tenggorokan, sakit gigi, dan sariawan. Bahkan, dulunya produk ini juga digunakan untuk meredakan sakit tumbuh gigi. Produk benzocaine bisa berupa gel, cairan, krim, dan tablet hisap.

Badan pengawas obat Kanada ini sebelumnya pernah menyampaikan masalah keamanan produk benzocaine pada November 2006, April 2011, dan meminta aturan penandaan pada April 2012

Pada 2018, Health Kanada sudah tidak lagi memberikan persetujuan izin edar produk benzocaine yang diindikasikan untuk anak di bawah usia dua tahun. Risiko serius pada anak usia ini dinilai lebih besar dibandingkan manfaatnya. Apalagi, anak tidak mampu menyampaikan gejala terkait MetHb yang dialaminya, seperti lemah, pusing, sakit kepala, dan/atau kesulitan bernapas. Untuk produk yang mendapat izin edar sebelum 2018, Health Kanada meminta penambahan peringatan risiko MetHb dan menghentikan promosi pemakaian produk benzocaine untuk anak di bawah usia dua tahun. Produk yang tidak menambahkan penandaan peringatan ini dihentikan izin edarnya pada Agustus 2020.

No comments:

Post a Comment