Friday, 3 January 2014

13 Apostles (Bagian 2)

Andreas
Andreas adalah saudara Simon Petrus. Keduanya berasal dari Betsaida (Yoh 1:44)
Sebelum menjadi murid Yesus, Andreas merupakan salah satu dari dua murid Yohanes Pembaptis. Andreas disebutkan menjadi salah seorang murid pertama Yesus, bersama dengan seseorang yang tidak disebutkan namanya oleh Yohanes, sehari setelah pembaptisan Yesus di Betania (Yoh 1:35, 40). Karena itu, dalam tradisi Ortodoks, Andreas disebut Protokletos atau Yang Pertama Dipanggil. Andreas yang memperkenalkan Yesus kepada Simon Petrus (Yoh 1:41-42).  
Dalam kisah Yesus memberi makan 5000 orang, Andreas menemukan anak kecil dengan bekal lima roti dan dua ikan. (Yoh 6:8)
Ketika komunitas orang Yunani ingin bertemu Yesus melalui Filipus, Filipus berdiskusi dulu dengan Andreas sebelum akhirnya mereka berdua menginformasikan keinginan komunitas itu kepada Yesus. (Yoh 12:20-22)
Markus mencatat Andreas bersama Simon Petrus, Yakobus, dan Yohanes bertanya kepada Yesus mengenai akhir jaman. Saat itu mereka sedang berada di atas Bukit Zaitun, berhadapan dengan Bait Allah (Mrk 13:3).
Setelah peristiwa kenaikan Yesus dan Pentakosta tidak ada informasi lebih lanjut mengenai pelayanan Andreas dalam Alkitab.
Eusebius dalam sejarah gerejanya mengutip perkataan Origenus bahwa Andreas menyebarkan Injil di Asia Kecil dan Skithia, daerah sekitar Eropa Timur dan Asia Tengah, sepanjang Laut Hitam, jauh ke utara menyusuri Sungai Dnieper hingga mencapai Kiev dan ke timur di Sungai Volga. Di Kiev, Andreas mendirikan salib di tempat yang saat ini berdiri Gereja Santo Andreas di Kiev. Nestorius, seorang biarawan Kiev yang hidup sekitar 1056-1114, menulis dalam tawarikhnya bahwa Andreas berkelana mencapai Novgorod, Rusia. Oleh karena itu, Andreas menjadi santo pelindung Ukraina, Romania, dan Rusia.
Berdasarkan tradisi, Andreas mendirikan jemaat di Bizantium (Konstantinopel) pada tahun 38, kemudian mengangkat Stakhis sebagai uskup. Keuskupan ini kemudian berkembang menjadi Patriarkat Konstantinopel, dengan Andreas sebagai santo pelindungnya. Keberadaan Andreas di Bizantium ini juga disebutkan dalam kitab apokrif Kisah Andreas, yang ditulis pada abad kedua. Hipolitus dari Roma menyebutkan Andreas mengabarkan Injil di Trakia, sekarang daerah perbatasan Bulgaria, Yunani, dan Turki. Basil dari Seleukia juga menyatakan hal yang sama dengan Hipolitus, dengan menambahkan misi di Skithia dan Akhaya.
Tradisi gereja di Georgia menyebutkan bahwa Andreas merupakan penyebar Injil pertama di daerah Georgia dan menjadi pendiri gereja di sana. Tradisi ini kemungkinan bersumber dari Bizantium, terutama pernyataan Niketas dari Paplagonia bahwa Andreas mengabarkan Injil pada orang-orang Iberia, Sarmatia, Tauria (?), dan Skithia, dan di setiap tempat dan kota di Laut Hitam, di utara maupun selatannya.
Tradisi di Siprus menyebutkan bahwa kapal yang membawa Andreas dari tanah Palestina ke Yunani sempat terdampar di Pulau Siprus. Dengan tongkatnya, Andreas memecah batu sehingga mengeluarkan air. Dengan air itu, dia menyembuhkan mata kapten kapal yang buta sebelah. Lokasi kapal terdampar tersebut di tanjung Karpaz, ujung timur laut Pulau Siprus. Di tempat itu didirikan Biara Rasul Andreas, yang merupakan situs penting Gereja Ortodoks Siprus. Pada tahun 2000-2003, UNDP melakukan pemugaran biara tersebut.
Andreas menjadi martir akibat penyaliban di kota Patras, Akhaya. Teks kuno seperti Kisah Andreas yang ditulis Gregorius dari Tours menggambarkan bahwa Andreas diikat, bukan dipaku di salib Latin (salib berbentuk t…). Tetapi dari tradisi yang berkembang menyebutkan bahwa bahwa salib Andreas berbentuk X, yang pada akhirnya lebih dikenal sebagai Salib Santo Andreas. Salib yang tidak lazim pada jaman itu dipilih oleh Andreas karena dia merasa tidak layak menggunakan salib yang memiliki bentuk sama dengan salib Yesus.
Penyaliban Andreas diperintahkan oleh Aigeatis, gubernur Patras, yang marah karena pelayanan Andreas. Di hadapan pengadilan, Andreas dipaksa mengingkari imannya, tetapi justru Andreas tetap mempertahankannya. Andreas pun diikat dengan tali pada salib selama tiga hari. Dalam kondisi tergantung tersebut, di antara rasa sakitnya, Andreas terus berkotbah mengenai kasih Yesus. Banyak orang yang mendengarnya menjadi percaya dan kemudian meminta sang gubernur membebaskan Andreas. Gubernur yang melihat kelompok massa tersebut tidak berniat menolak tuntutan itu dan memerintahkan supaya tali pengikat Andreas dilepas. Sayang sekali, saat tali terakhir diputus, tubuh Andreas lunglai jatuh ke tanah dan orang banyak itu menemukannya meninggal. Andreas meninggal pada 30 November 69 dan dimakamkan di Patras.
Sebuah gereja kecil didirikan pada 1836-1843 pada titik lokasi Andreas mati menjadi martir. Di sisi kanan gereja terdapat sebuah sumur yang disebut Piges Dimitras (Mata Air Dimitra), yang merupakan sumber air minum Andreas saat mengajar di daerah itu.
Hieronimus mencatat bahwa relik Andreas sempat dipindahkan dari Patras ke Konstantinopel atas perintah kaisar Romawi Konstantius II sekitar tahun 357 dan disimpan dalam Gereja Para Rasul Suci. Pada tahun 1208, karena adanya penjarahan di Konstantinopel, sebagian besar relik Andreas dibawa ke Amalfi, Italia, oleh Kardinal Petrus dari Kapua dan disemayamkan dalam ruang bawah tanah sebuah katedral di kota itu. Relik tengkorak masih ada di Konstantinopel hingga dipindahkan ke Roma pada tahun 1462 dan disimpan di Basilika Santo Petrus. Relik ini dikembalikan ke Patras oleh Paus Paulus VI pada September 1964. Saat ini, gereja di Patras telah menyimpan relik berupa tulang jemari, tengkorak (bagian atas), dan bagian salib Andreas.
Salib Andreas sempat diambil dari Yunani oleh pasukan salib dan disimpan dalam Gereja Santo Viktorius, Marseilles. Pada 19 Januari 1980, salib tersebut dikembalikan ke Patras oleh uskup agung Marseilles, Roger Etchegaray. Selama Juli 2013, relik salib Andreas berada di Moskow, Kiev, dan Minsk untuk peringatan 1025 tahun masuknya kekristenan ke Rusia.
Sementara itu, berdasarkan legenda, pada tahun 345, Regulus membawa relik Andreas dari Konstantinopel hingga ke Fife, Skotlandia. Tradisi lain menyebutkan relik dibawa dari Roma oleh Agustinus pada tahun 597 ke Skotlandia, sebagai bagian dari misinya ke daerah Britania. Pada 732, relik dipindahkan dari Hexham ke Kirrymont (sekarang St Andrews), Fife. Relik yang terdiri dari gigi, tempurung lutut, tulang lengan, dan jari, disemayamkan dalam sebuah katedral. Keberadaan relik di katedral tersebut menjadikannya salah satu tempat ziarah yang populer di Eropa saat itu. Tetapi, pada 14 Juni 1559, Katedral Santo Andreas, termasuk relik di dalamnya, dihancurkan oleh gerakan reformasi protestan yang dipimpin John Knox.  
Pada 1879, relik Andreas berupa tulang belikat diberikan oleh Uskup Agung Amalfi untuk Katedral Metropolitan Santa Maria di Edinburgh. Pada April 1969, relik yang lain berupa fragmen tengkorak diberikan oleh Paus Paulus VI untuk disemayamkan dalam katedral tersebut.
Relik Andreas juga disimpan di Gereja Santo Andreas dan Santo Albertus, Warsawa, Polandia. Relik ditempatkan di gereja kecil ini sejak 2003. Dua biara di Gunung Athos, Yunani, diketahui menyimpan relik Andreas, yaitu Biara Vatopedi yang menyimpan lengan kanan dan Biara Xistrou yang menyimpan fragmen tulang tengkorak. Selain itu, masih ada beberapa lokasi yang menyimpan relik-relik kecil Andreas.
Biara Rasul Andreas, Karpaz, Siprus
Gereja Santo Andreas, Kiev, Ukraina
Gereja Santo Andreas, gereja lama, Patras, Yunani
Piges Dimitras (sumur) di Gereja Santo Andreas, gereja lama, Patras, Yunani
Katedral Santo Andreas, Amalfi, Italia
Basilika Santo Andreas, Patras, Yunani
Relikui berisi relik fragmen tengkorak dan salib Andreas di Basilika Santo Andreas, Patras, Yunani
Relikui berisi relik Andreas di Basilika Santo Andreas, Patras, Yunani
Reruntuhan Katedral Santo Andreas, Fife, Skotlandia
Katedral Metropolitan Santa Maria, Edinburgh, Skotlandia
Relik Andreas dalam Katedral Metropolitan Santa Maria, Edinburgh, Skotlandia
Gereja Santo Andreas dan Santo Albertus, Warsawa, Polandia
Biara Vatopedi, Gunung Athos, Yunani
Relik lengan kanan Andreas di Biara Vatopedi, Gunung Athos, Yunani
Biara Xistrou, Karyes, Gunung Athos, Yunani
Relik fragmen tengkorak Andreas di Biara Xistrou, Gunung Athos, Yunani
Jemaat mencium salib Andreas di Katedral Kazan St Petersburg, Rusia, 11 Juli 2013
Referensi
BiblePath.com: The Apostle Andrew. Diambil dari: http://www.biblepath.com/andrew.html
Catholic Herald Archive (1964) Catholics up RELIC RETURNED 100 per cent TO 'GREECE THE skull of St. Andrew, the 'martyred Patron Saint of. Diambil dari: http://archive.catholicherald.co.uk/article/2nd-october-1964/9/catholics-up-relic-returned-100-per-cent-to-greece
Discover Greece: The History of the Cross of the Apostle Andrew. Diambil dari: http://www.discovergreece.ru/History-of-the-Cross-of-the-Apostle-Andrew
Fox News (2013) Thousands queue in Russia to see religious relic. Diambil dari: http://www.foxnews.com/world/2013/07/13/thousands-queue-in-russia-to-see-religious-relic/
Frangos G (2010) Holy Relics kept at Athonite Monasteries. Diambil dari: http://holymountain-agionoros.blogspot.com/2010/11/0038-holy-relics-kept-at-athonite.html
Historic Scotland: Investigating St. Andrews Cathedral. Diambil dari: http://www.historic-scotland.gov.uk/inv-st-andrews-cathedral.pdf
Interfax (2013) More than 1 million believers venerate St. Andrew's Cross in Russia, Ukraine, Belarus. Diambil dari: http://www.interfax-religion.com/?act=dujour&div=208
Orthodox Word (2010) St. Andrew the First-called Apostle. Diambil dari: http://orthodoxword.wordpress.com/2010/11/29/st-andrew-the-first-called-apostle/
PatrasInfo.com: Saint Andrew’s Church Patras. Diambil dari: http://www.patrasinfo.com/en/saint-andrews-church-patras
Sacred Destinations: Amalfi Cathedral. Diambil dari: http://www.sacred-destinations.com/italy/amalfi-cathedral
Saints Peter and Paul Serbian Orthodox Church: St Andrew Cathedral Patras – Greece. Diambil dari: http://www.atlantaserbs.com/learnmore/monasteries_and_towns/StAndrew-Greece.htm
Sanidopoulos J (2010) The Skete of Saint Andrew in Karyes, Mount Athos. Diambil dari: http://www.johnsanidopoulos.com/2010/11/skete-of-saint-andrew-in-karyes-mount.html
St Mary’s RC Cathedral: National Shrine of Saint Andrew. Diambil dari: http://www.stmaryscathedral.co.uk/standrew.html
Turnbull MTRB (2010) A History of St Andrew. Diambil dari: http://www.scotland.org/features/the-history-of-saint-andrew-of-scotland
Turnbull MTRB (2009) Saint Andrew. Diambil dari: http://www.bbc.co.uk/religion/religions/christianity/saints/andrew.shtml
UNDP Projects Database: Repair and Renovation of Ancillary Buildings and Landscaping around Apostolos Andreas Monastery. Diambil dari: http://mirror.undp.org/cyprus/projects/project_details.asp?ProjectID=70
Artikel terkait
13 Apostles (Bagian 1)
13 Apostles (Bagian 3)
13 Apostles (Bagian 4)
13 Apostles (Bagian 5)