Saturday, 14 February 2015

Apa Guna Umbai Cacing (Apendiks)

Umbai cacing atau apendiks seringkali disalahartikan sebagai usus buntu. Keduanya jelas berbeda. Memang lokasi umbai cacing menempel di usus buntu, tetapi saat operasi usus buntu sebenarnya yang dibuang adalah umbai cacing.
Kok dibuang? Memangnya tidak ada gunanya? Selama ini memang diduga seperti itu, useless, dan cuma bikin penyakit. Tetapi dari segi imunologi ternyata appendix vermiformis ini merupakan rumah hunian yang aman buat bakteri yang penting untuk kesehatan pencernaan. Jadi, selama terjadi serangan penyakit seperti disentri amuba yang bisa menyebabkan kematian massal bakteri baik, apendiks ini merupakan bunker yang aman bagi mereka yang selamat dari pembantaian. Selanjutnya, bakteri ini bisa berkembang biak dan mengembalikan kondisi perut yang berantakan pasca perang mikroba.
Pemotongan atau apendisektomi ini memang sepertinya sudah menjadi prosedur tetap ditempuh sejak pertama kali dilaporkan McBurney pada 1889. Sudah jadi pendapat umum sejak abad 19 itu bahwa tanpa pembedahan penyakit akan semakin parah, bahkan jadi kebocoran yang malah bikin bahaya lebih lanjut.
Namun, apakah setiap kali organ ini sakit, yang sering disebut dengan istilah medis apendisitis, harus selalu dibuang? Ternyata tidak. Antibiotik disebutkan efektif dan aman sebagai langkah awal pengobatan pasien penderita apendisitis akut tanpa komplikasi.
Pustaka
Koerth-Baker M (30 Juli 2009) Vestigial Organs Not So Useless After All, Study Find. National Geographic: http://news.nationalgeographic.com/news/2009/07/09030-spleen-vestigial-organs.html
Varadhan KK, Neal KR, Lobo DN (2012) Safety and efficacy of antibiotics compared with appendicectomy for treatment of uncomplicated acute appendicitis: meta-analysis of randomised controlled trials. BMJ 344:e2156 doi: 10.1136/bmj.e2156